Beranda > Tulisan > IPTEK BERDAMPAK PADA SUHU DI SMA 3 JOGJAKARTA PADMANABA

IPTEK BERDAMPAK PADA SUHU DI SMA 3 JOGJAKARTA PADMANABA


Perkembangan IPTEK semakin maju di kawasan kota Jogja. Dengan IPTEK, semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Dengan IPTEK, kehidupan manusia akan semakin maju. Tetapi kalau dilihat dari sisi lain, ternyata IPTEK menyembunyikan sisi buruk. IPTEK dapat mengahancurkan lingkungan Jogja kususnya sekolahku SMA 3 Jogja.

Sering saya mendengar pernyataan “ Wah panas banget ya hari ini “ dari teman SMA saya. Tetapi apakah yang menyebabkan perubahan suhu di SMA 3 Jogja ? Salah satu penyebab panasnya SMA 3 Jogja adalah perkembangan IPTEK di lingkungan sekolah dan perilaku siswa atau guru.

Kawasan SMA 3 Jogja terdapat pada tengah kota Jogja memungkinkan linkungan sebagai penyebab perubahan suhu udara. Dilihat dari luar lingkungan sekolah, banyak kendaraan bermotor yang lewat di sekitar sekolah. Emisi gas buang dari kendaraan bermotor adalah penyebab perubahan suhu di SMA. Padahal, gas buang kendaraan bermotor yang tidak sempurna akan merusak lapisan ozon serta membahayakan kesehatan.

Kalau dilihat di dalam lingkungan SMA 3 Jogja saja, IPTEK berkembang pesat disana. Lingkungan kantin SMA 3 Jogja sudah berhasil menggunakan IPTEK. Di kantin sudah terdapat beberapa kulkas. Padahal kita tau bahwa kulkas adalah penyumbang perubahan suhu. Belum lagi ditambah adanya lab komputer yang ada di SMA.

Perilaku warga SMA 3 Jogja juga dapat dijadikan alasan mengapa terjadi perubahan suhu. Dalam pembelajaran saja, sudah banyak guru yang menggunakan laptop dan LCD untuk mengajar. Memang dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan sekolah, pembelajaran menjadi semakin kondusif.

Disamping itu, perilaku siswa SMA 3 Jogja menjadi salah satu penyumbang perubahan suhu di SMA 3 Jogja. Perilaku siswa yang dimaksud adalah perilaku penggunaan IPTEK pada saat di sekolah. Salah satu perilaku itu adalah bermain game dengan laptop, buka internet dan menyalakan AC yang sebetulnya tidak diperlukan. Penggunaan motor dan mobil di SMA 3 Jogja yang mengahasilkan emisi gas buang. Penggunaan parfum juga dapat menyumbangkan penyebab perubahan suhu di SMA 3. Kita tahu bahwa gas parfum dapat merusak lapisan ozon bumi kita.

IPTEK sangat erat dengan penggunaan energi listrik. Hampir 40% emisi karbon dihasilkan oleh sektor ketenagalistrikan. Semakin tinggi tingkat konsumsi listrik di SMA 3 Jogja maka semakin tinggi pula emisi karbon yang dihasilkan dari pembangkit listrik.  Emisi karbon itu akan meningkatkan suhu dan pada akhirnya akan berdampak perubahan iklim di dunia.

Banyak siswa SMA 3 Jogja yang membawa motor dan mobil ke sekolah. Kita tahu bahwa motor dan mobil tidak akan berjalan kalau tidak adanya bahan bakar. Bahan bakar tersebut terbuat dari fosil makhluk hidup. Sementara itu, pembakaran bahan bakar fosil adalah penyebab utama terjadinya pemanasan dan berdampak pada perubahan suhu di SMA 3 bahkan dunia.

Patut disyukuri SMA 3 Jogja mempunyai pohon-pohon yang besar dan teduh. Pohon-pohon itu dapat mengurangi panasnya suhu udara disana. Kalau tidak ada pohon yang banyak, mungkin SMA 3 Jogja akan seperti panas neraka.

Perlu adanya sikap sadar diri warga SMA 3 Jogja untuk menggunakan IPTEK sebaik mungkin karena pohon-pohon di SMA 3 Jogja tidak menjamin penurunan suhu. Sikap sadar diri itu sangat dibutuhkan untuk kebaikan masa depan. Sikap tersebut dapat dimulai dari hal yang kecil. Seperti mematikan laptop atau pun LCD ketika tidak digunakan, membuka cendela agar udara segar masuk dalam ruangan tanpa menggunakan AC. Tentu hal tersebut sekedar contoh kecil.

Jika warga SMA 3 Jogja dan dunia sudah memiliki sikap sadar diri akan perubahan suhu dan perubahan iklim, kita dapat memulai dari tingkat yang paling rendah dari lingkungan keluarga. Jika setiap anggota keluarga menanam pohon sedikitnya 5 pohon dan di letakkan di depan rumah, maka perbuatan itu akan berdampak besar.

Contohnya keluarga saya yang terdiri dari 4 orang. Keluarga saya sudah melaksanakan penanaman pohon di belakang rumah. Jika keluarga saya ada 4 orang, maka pohon yang ada di rumah minimal 20 pohon. Padahal semua warga dunia sekitar 6.707.035.007 individu, jadi bisa ada 33.535.175.035 pohon. Angka yang begitu besar bukan.

Sikap sadar diri untuk menggunakan IPTEK sebaik mungkin juga dapat mengurangi dampak perubahan suhu dan iklim di dunia. Penggunaan Iptek yang berlebihan akan berakibat buruk bagi kehidupan. Jika sudah terbentuk sikap itu, maka kita dapat memulai dari mematikan alat elektronik yang tidak diperlukan, menggunakan kendaraan bermotor seperlunya dan yang pasti menjaga supaya energi terjaga dengan baik.

Jika semua keluarga kita, warga SMA 3 Jogja dan warga dunia mempunyai sikap sadar diri menggunakan IPTEK dengan baik, memperbanyak penghijauan, menggunakan bahan bakar seperlunya. Maka, perubahan suhu dan perubahan iklim di lingkungan kita akan dapat diminimalisir.  Saya percaya bahwa masyarakat akan menjaga dunia ini untuk anak cucunya.

Jadi, marilah memulai dari sekarang untuk menjaga dunia kita dan mengurangi penyebab-penyebab kehancuran alam dan dunia.

DENGAN TINDAKAN KECIL PENUH MAKNA AKAN MERUBAH KEHIDUPAN DUNIA

 

GAMBAR SMA 3 JOGJAKARTA

 

 

 

 

 

 

Iklan
  1. arsyad
    Januari 16, 2011 pukul 10:30

    Nice info sobat 😀

  2. Desember 31, 2010 pukul 23:21

    Selamat tahun baru 2011
    Semoga ditahun 2011 kita lebih baik dari tahun 2010

    Salam

  3. Desember 31, 2010 pukul 20:43

    Saya selalu terkesan kalau lewat daerah kotabaru karena suasananya teduh dengan pohon besar dan rindang yang ada di sepanjang jalan.

    SELAMAT TAHUN BARU 2011

  4. Desember 31, 2010 pukul 19:59

    Assalaamu’alaikum Cahya…

    Salam terakhir buat 2010 dan huluran mesra tahun 2011.

    Alhamdulillah, semoga kehadiran tahun baru akan menyemarak semangat kita untuk terus mengejar impian yang tertunggak di tahun 2010. Harapan yang tinggi untuk kita meneruskan kehidupan yang lebih bermakna di samping beramal dan melakukan ibadah dengan lebih berkesan.

    Hadapi hari esok dengan lebih optimis dan tinggalkan hari kelmarin dengan teladan juga sempadan yang membuahkan kejayaan. belajarlah dari pengalaman lalu untuk mencipta sejarah masa depan.

    SELAMAT TAHUN BAHARU 2011.
    Salam kenal dan salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  5. Desember 31, 2010 pukul 19:36

    hal yang bersifat baik pasti nnti nya akan menuai hal yang baik juga 😉

  6. Desember 31, 2010 pukul 15:45

    dan satu hal yang pasti, kemajuan iptek tu harus pula didukung oleh sikap bijak kita dalam menjaga lingkungan ya cahya …, 🙂

    postingan ini diikutkan kontes gak yach ???

  7. Desember 31, 2010 pukul 15:22

    untuk yang baik apapun hasilnya akan baik

  8. Desember 31, 2010 pukul 14:34

    wah bakalan kembali “adem” bangsa ini jika putra-putri bangsanya kayak mas semua,
    memang sih kesadaran ramah lingkungan di bangsa ini lagi anjlok. eman banget dengan negeri yang terkenal loh jinawi kalau di sia-siakan, yuk semangat tuk raham linkungan dengan IPTEK

  9. Desember 31, 2010 pukul 07:55

    semoga berhasil 😀 *kibarkan bendera merah putih*

  10. Desember 31, 2010 pukul 07:45

    Semoga berhasil *kibarkan bendera merah putih*

  11. Desember 31, 2010 pukul 04:58

    ketemu Cahya lagi..
    semangat mahu selamatkan bumi…bagus kamu…

  12. Desember 30, 2010 pukul 22:17

    ikut nimbrung +nyimak aja+ 🙂

  13. Desember 30, 2010 pukul 21:02

    Mau diikutin lomba ya, semoga berhasil ya

  14. Desember 30, 2010 pukul 21:00

    Akan lebih baik jika narablog bisa mengajak teman-teman sekolah menyadari betapa pentingnya masalah ini

  15. Desember 30, 2010 pukul 20:40

    Semoga sukses ya kontesnya..
    salam hangat

  16. fikri8
    Desember 30, 2010 pukul 19:41

    segala sesuatunya ada segi positif n negatifnya, IPTEK sangat dibutuhkan meski dampaknya pun tak main-main meski begitu pengguna harus dapat meminimalisir dampaknya dengan mengurangi penggunaan dan terus melestarikan hutan…

  17. Desember 30, 2010 pukul 19:10

    Mari kita galangkan peduli bumi..

  18. Desember 30, 2010 pukul 19:00

    Ini yang bagus. Sedari bangk sekolah sudah diajak membuka wawasan tentang pentingnya green-living.

    Semoga kamu dan kawan2 adalah generasi yang melanjutkan perjuangan ini! *Bung Tomo mode on* 😀

  19. Desember 30, 2010 pukul 12:14

    nice p0st sob, mbwat Qta gk sekedar mamPu memanfaatkn iPtek tp, taU efek yG d tbulkn… “sebUah info yg bgus dgn fakta2 yg Terjadi”

  20. iam
    Desember 30, 2010 pukul 09:16

    Ya bener. Sebaiknya penggunaan IPTEK jgn terlalu berlebihan. Cintai bumi kita 🙂

  21. Desember 30, 2010 pukul 09:08

    jadi gimana???, menghindari IPTEK tak mungkin, sedangkan menguranginya susah karna sudah kebutuhan.
    Mungkin Banyak2 beramal aja dech, biar lebih adem.

  22. Desember 30, 2010 pukul 09:00

    selamat pagi.

    semua aktifitas manusia demi bertahan hidup, dampaknya memang sebagian mengorbankan alam 🙂

    terima kasih dan mohon maaf 😮

  23. Desember 29, 2010 pukul 17:35

    Efek gombal warming juga bos 😀
    btw link bos sudah ane pasang. ditunggu link baliknya ya 🙂

    • Desember 29, 2010 pukul 20:03

      hha bener itu bro. oh ya, linknya udah terpasang kok. Makasih ya hehehe 🙂

  24. Desember 29, 2010 pukul 13:48

    with one little action means the chain reaction., 😀

    • Desember 29, 2010 pukul 16:34

      nah ini udah di translate ke inggris hhe. Biar bule nggak pada bingung hahaha

  25. Desember 29, 2010 pukul 11:36

    wadrooh,,,
    jadi inget jaman SMA niech…
    ckckckkkkk…

  26. Desember 29, 2010 pukul 10:56

    letusan gunung Merapi lalu ikut “menyumbang” hawa jadi panas gak niy? 🙂

    • Desember 29, 2010 pukul 16:31

      hha tambah tambah panas dikit mungkin hhe. Jaraknya jauh dari sekolah kok he

  27. Desember 29, 2010 pukul 02:04

    manteb..sukses selalu dan semoga menang..

    salam

  28. mt
    Desember 28, 2010 pukul 22:21

    terima kasih atas partisipasinya

  29. Desember 28, 2010 pukul 22:20

    Keren dik
    Tulisanmu bagus
    *Berdoa

  30. Desember 28, 2010 pukul 22:07

    Wuih, ikutan ya? Saya kemarin baca infonya di blognya Mas Achoey. Sukses, moga nyantol juara satu, Amin;

    • Desember 29, 2010 pukul 09:39

      iya ni mas. he enggak trau nyentol juara atau enggak hahaha

      • Desember 31, 2010 pukul 10:49

        yang penting berkarya brade.. sukses..

  31. Desember 28, 2010 pukul 20:51

    akhirnya ikut juga hhe. Walaupun cuma sederhana 😛

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: