Beranda > Tulisan > Intenet, si Sumber Harta Melimpah

Intenet, si Sumber Harta Melimpah

Kita sering membaca tulisan warung internet di pinggir jalan, kita sering melihat iklan penjual jasa internet, kita sering menggunakan internet. Dari kebiasaan kita dalam sehari-hari tersebut, apakah anda tahu apakah internet itu? Apakah kegunaan internet itu? Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan internet?

Dalam era globalisasi, internet sudah tidak asing lagi untuk manusia. Internet sangat berguna untuk kehidupan kita, misalnya untuk pelajar, pekerja, pembisnis online, bahkan orang-orang di desa pun sudah mengenal apa itu internet walaupun cuma sekedar tahu cara memakainya. Dari manfaat-manfaat internet dapat diklasifikasikan menurut fungsinya, klasifikasi antara lain :

1.      Sumber informasi

2.      Sumber komunikasi

3.      Sumber hiburan

4.      Sumber keuangan

Internet sebagai sumber informasi adalah manfaat yang paling dominan. Melalui internet dapat diakses sumber informasi yang aktual dengan kecepatan tinggi.  Dapat diperkirakan bahwa, setiap hari manusia di bumi menggunakan internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Mereka menginginkan informasi sebagai pencerah atau sebagai solusi atas permasalahan mereka.

Contoh internet sebagai sumber informasi :

1.      Para pelajar adalah salah satu yang dapat merasakan manfaat internet dengan baik. Berbagai referensi jurnal dapat ditemukan disana, mereka tidak harus mengutak-atik buku-buku yang ada di perpustakaan. Cukup memfaatkan mesin pencari, mereka dapat informasi yang diinginkan. Misalnya saja anda adalah seorang pelajar yang sedang mendapatkan tugas sejarah perkembangan Hindu-Buda di Indonesia. Maka, kemungkinan besar internet adalah tujuan pertama dari mereka, karena mereka yakin bahwa internet adalah sumber yang paling mudah dan dipercaya memberikan jawaban yang akurat. Dengan internet pula, para pelajar dapat berkomunikasi dengan situs-situs yang menyediakan sumber tersebut dan dapat menanyakan lagi keakuratan sumber kepada penulisnya.

2.      Misalnya anda adalah seorang ibu rumah tangga. Anda dituntut suami anda untuk membuat masakan yang unik dan lezat. Dari ibu-ibu yang saya tanyai di daerah jalan Srandakan km 6, banyak yang menjawab akan menggunakan internet untuk mencari informasi resep-resep makanan. Mereka juga meresa internetsangat membantu.

3.      Bagi orang tua, internet juga dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk mendapatkan berita teraktual. Di Jalan Srandakan km 6 tidak sedikit orang tua yang mencari berita dari internet, karena lebih aktual dan dapat diakses kapan pun mereka sangat senang dengan fasilitas ini.

Internet sebagai sumber komunikasi, internet dapat dirasakan dalam komunikasi jarak jauh. Misalnya saja e-mail, jejaring sosial dan lain-lain. Pada zaman dahulu sebelum diciptakannya jejaring sosial, manusia sangat tergantung kepada surat yang diposkan. Padahal cara itu sangat banyak kekurangannya, terutama lamanya pengiriman dan kurang efisien dalam pengerjaannya. Akan tetapi, pada era diciptakannya jejaring sosial, manusia dengan mudah dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh dengan waktu singkat. Jejaring social juga sangat bermafaat untuk pembisnis, meraka dapat memberikan informasi yang cepat kepada partner bisnisnya. Dia juga bermandaat untuk pelajar, misalnya saja pada saat ada PR, mereka dapat menanyakan bagaimana cara menjawab pertanyaan ini. Dari penjelasan di atas, alangkah bergunanya internet kususnya jejaring social untuk kehidupan manusia.

Internet sebagai sumber hiburan. Sewajarnya manusia harus seimbang jasmani dan rohani. Seimbang dalam arti semua dapat terpenuhi dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan jasmani, manusia dapat makan, minum, olahraga dan lain-lain. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan rohani, manusia biasanya melakukan sedikit refresing ke luar kota, jalan-jalan, atau yang lebih modern bermain game online di internet.

Anak muda era sekarang banyak yang bermain game online, mereka dapat memilih berbagai macam permainan di sana. Para pemain online biasanya tidak hanya satu, terlebih bila game itu membutuhkan pemain yang banyak. Contohnya saja permainan sepak bola di internet. Dengan adanya lawan yang banyak, pemain game online dapat merasakan kenikmatan yang luar biasa hebat. Meraka seakan ikut terlibat dalam permainan tersebut. Dari sifat senang itu, meraka dapat menyeimbangkan kebutuhan rohaninya.

Internet sebagai sumber keuangan. Tidak sedikit orang jaman sekarang beralih profesi sebagai pembisnis online. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa bisnis melalui internet adalah taktik yang cerdik. Mereka dapat memasarkan produk atau jasanya kepada consumer melalui internet. Pembisnis tahu bahwa internet adalah ladang untuk pemasaran karena banyaknya manusia yang minat terhadap internet.

Misalnya, si A menjual ebook tentang cara mendapatkan traffic yang melimpah. Dalam kasus ini, si A mengggunkan website kepunyaannya untuk dijadikan sarana penjualan. Contoh yang lain, si B sangat pintar dalam bidang masak-memasak, lalu dia menawarkan jasa les memasak untuk orang yang mau. Si B dapat menggunakan internet sebagai sarana pemasaran juga. Jadi, banyak sekali harta yang datang dari internet.

Penggunaan internet yang baik dapat dilakukan dengan cara memperhatikan etika internet dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Beretika dalam penggunaan internet adalah kewajiban. Memperhatikan etika sangat dibutuhkan untuk pengguna internet supaya mereka tidak terjerat pada hukum yang berlaku. Contohnya saja si A menyalin artikel tanpa adanya sumber, si pembuat artikel dapat menuntut si A karena kesalahannya tersebut. Jadi, marilah menggukan internet dengan baik supaya mendapatkan informasi yang konkrit dan maksimal.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa internet sangatlah membantu untuk kelangsungan hidup manusia. Jika internet digunakan dengan sebaik-baiknya dan menggunakan etika berinternet yang baik maka layanan terebut juga dapat memberi informasi, komunikasi, hiburan, harta dengan baik juga. Jadi, mulailah dari sekarang menggunakan internet dengan baik dan maksimal, niscaya internet akan memberikan kehidupan yang sangat berharga untuk hidup manusia.

Iklan
  1. Desember 19, 2010 pukul 19:33

    sahabt-sahabat…kapan ya mw berkunjung ke rumah ku??? ditunggu loh..salam

  2. Desember 19, 2010 pukul 19:16

    sumber harta yg bisa membuat kita miskin….kalo salah menggunakannya..salam buat para blogger

  3. Desember 14, 2010 pukul 17:27

    Kemajuan teknologi internet harusnya mampu merubah peradaban manusia. Dgn demikian, sebaiknya kita harus selektif memilih informasi yg ditawarkan di dunia maya. Salam persahabatan

    • Desember 14, 2010 pukul 21:10

      Salam persahabatn mas, semoga bisa menjadi sahabat yang baik. .Bner mas, dengan peradaban zaman yang baik, maka kita juga akan terjamin dalam kehidupan. 🙂

  4. Desember 13, 2010 pukul 13:57

    Internet juga sumber ilmu. :mrgreen:

  5. Desember 12, 2010 pukul 02:13

    internet :
    khusnya blog adalah data simpanan saya..

  6. Desember 12, 2010 pukul 02:11

    internet = sumber pengetahuan

    salam sejahterah

  7. Desember 10, 2010 pukul 07:48

    sepakat
    keren tulisannya

    salam kenal

  8. Desember 9, 2010 pukul 14:47

    nice post! Ditunggu kunjungan baliknya yaa.. 😉

  9. fikri8
    Desember 7, 2010 pukul 08:57

    internet memang sudah mejadi alternatif yg cepat dlm mmperoleh informasi, hiburan, dll.
    sdngkan untuk mndpatkan uang dari iternet bs mllui jlur prouk or ikutn program2 pnghsil uang (tp dlm hal ini tergntung kejelihan, kecepatan, dan ketepaan penggunanya dlm menekuni bisnis di internet).

    • Desember 12, 2010 pukul 21:46

      hha kalau itu aku masih dalam tahap bingung mas. Masih belajar cara-cara bisnis di internet. hhe

  10. Joedha Sahfa Ramadhan
    Desember 6, 2010 pukul 12:56

    41 wordsSpeedtest

    menang aku bos

  11. Desember 5, 2010 pukul 22:44

    internet sebagai sumber keuangan masih jadi misteri yang menjengkelkan buat saiia pribadi kang 😦

  12. Desember 5, 2010 pukul 15:44

    saya rasa artikelnya ga adil dech, masa cuma yg bagus-bagusnya aja yang disebutkan! internet juga kan bisa menjadi sumber kejahatan dan berbagai macam keburukan, ya kan 😀 hehehe…

    • Desember 5, 2010 pukul 16:08

      wah sayangnya penyelenggara kayaknya cma cari efek yg baik-baik mas. hhe, .padahal jeleknya juga melimpah 🙂

      • Desember 8, 2010 pukul 08:29

        😀 wkwkwkwk……
        penyelenggaranya harus didemo tuch!!!

      • Desember 12, 2010 pukul 21:45

        Haha jangan mas, ntar kasian yang dapet hadiah jadi gak dapet karena banyak yang demo hhe

  13. Desember 3, 2010 pukul 00:16

    moga sukses kontesnya de

  14. Desember 2, 2010 pukul 19:33

    wah bisa jadi bahan kurikulum internet sehat nih.. 😀

  15. Desember 2, 2010 pukul 15:32

    Sukses kontesnya bradah.. eh si Spiderman kemana nih.. kok ilang?

    • Desember 4, 2010 pukul 13:16

      oke bos aminn. Wah udah aku hilangin mas, kurang cocok aja sama kondisi blog hhe 🙂

  16. Sya
    Desember 2, 2010 pukul 15:31

    Enaknya anak jaman sekarang, cari bahan buat tugas tinggal gugel aja. Dulu waktu saya SMA, browsing di warnet masih mahal banget, sekarang sejam 3000 perak.
    Internet memang bermanfaat asal jangan disalahgunakan saja.

    • Desember 4, 2010 pukul 13:15

      enak banget mbak. Sekarang aja kebanyakan sekolah udah pake wifi, jadi mudah banget dalam mendapatkan informasi hhe 🙂

      • Sya
        Desember 6, 2010 pukul 15:13

        Semoga digunakan utk hal yg bermanfaat y. Btw, ganti theme ya?

      • Desember 6, 2010 pukul 21:30

        amin mbak hhe. .pasti bermanfaat hahha, iya biar lebih simpel aja mbak 🙂

  17. Desember 2, 2010 pukul 08:27

    setujuu..
    nice post ^^
    salam kenal..

    monggo ngintip..
    http://panggilsayabella.wordpress.com/2010/12/01/internet-sehat-bikin-hebat/

  18. Desember 1, 2010 pukul 08:14

    Setujuh banget dengan artikel di atas! Kalau dulu tiap ada tugas sibuk deh cari di perpustakaan Negeri, tapi sekaarang gak usah repot! cuma modal HP+Opera mini segalanya jadi makin mudah, hehe,,

    salam kenal, ^__^

    • Desember 4, 2010 pukul 13:12

      hha benar itu mas, pas ujian juga pake wifi. Aduh negatif benar ya hhe,. Tapi ngirit pulsa juga he 🙂

  19. November 30, 2010 pukul 13:22

    salam blogger.
    nice post.
    wah ikutan festival blog juga ya.?
    good luck aja deh………..

    ingin tahu, hubungan UU ITE dengan perkembangan internet.
    kunjungi aja http://asatrio.blogspot.com/2010/11/menggagas-undang-undang-sebagai.html

    • Desember 4, 2010 pukul 13:06

      ya ni. Coba pengalaman baru ikutan kontes hhe. .Oke akan segera kesana 🙂

  20. November 30, 2010 pukul 13:22

    emang mas,bila kita bisa memanfaatkan fasilitas internet dengan baik ,dapat membrikan sesuatu yang berharga bagi kita,nice info.smoga berhasil kontesnya

  21. November 30, 2010 pukul 13:07

    Nice Article…
    Good Job bro…

    Artikelnya ngena banget 😀
    Masih SMA aja udah kayak gini analisanya.

    Semoga ke depan semakin banyak generasi muda seperti yang punya blog ini. *amin 😀 *

    Intinya. Internet itu hanya alat. Jadi baik buruknya semua tergantung pengguna dan penggunaannya. Hidup internet sehat!

    • Desember 4, 2010 pukul 13:05

      trimakasih mas, ini juga analisa aja mas. Tapi ya syukur kalau analisanya bisa ngena hhe. 🙂

  22. November 30, 2010 pukul 10:31

    banyak ilmu melimpah ruah di sini
    juga banyak peluang yang membuat kita pun bisa menjemput nafkah 🙂

  23. November 29, 2010 pukul 23:10

    lanjutkan deh
    wah sidebarnya jadi ada foto gituu hahahaha

  24. November 29, 2010 pukul 16:32

    lg ngbahas internet jg ya?
    emang, bagi yg bs memanfaatkannya internet itu sumber sgalanya.

    • November 30, 2010 pukul 10:43

      iya ni mas. Coba-coba buat pengalaman baru dari kontes hhe. .Nah benar itu, seperti yang berkunjung di sini hhe

  25. LFH
    November 29, 2010 pukul 15:11

    Sependapat. Etika:)

  26. November 28, 2010 pukul 20:51

    Segala sesuatu kalo digunakan secara baik pasti memberikan dampak positif bagi kita 🙂

    • November 29, 2010 pukul 12:40

      yap benar itu mas, makanan bila dapetnya dari hal baik juga membawa kebaikan hhe, trimaksih udah berkunjung 🙂

  27. November 28, 2010 pukul 16:55

    Diluar negri semua serba internet. .
    tinggal menunggu waktu berikutnya. .
    Indonesia semuanya akan serba internet. .

    • November 28, 2010 pukul 19:18

      waw kalau di indonesia serba internet bagaimana ya?warnet-warnet pada enggak laku tu. Mungkin pada beli modem sendiri hhe 🙂

  28. November 28, 2010 pukul 12:34

    baik dan buruknya emg tergantung kita bagaimana menggunakannya…

    wong bantul yo…

    salam kenal.. 😀

    • November 28, 2010 pukul 14:17

      bener itu mbak, makanya kita harus jadi pribadi yang baik hhe. eh kok bisa tau mbak?orang jogj juga ni hha

  29. November 28, 2010 pukul 11:14

    Internet memang seperti pisau bermata dua, disatu sisi memberikan begitu manfaat bagi kita terlebih bisa mempermudah sesuatu. akan tetapi disisi, perjudian dan kekerasan yang beredar luas dan bisa diakses oleh siapa saja…

    • November 28, 2010 pukul 14:11

      halo mas eser, waa datang lagi ni makasih
      . oh bener mas, kalau diibaratkan pisau seperti yg dikatakan mas, internet dapt membantu kita ( dapat untuk memotong dg mudah kalau pisau ) dan dapt menjeruskan kita ( dapat mengiris jari kita ):) makasih mas

  30. November 28, 2010 pukul 10:52

    Iya, betul juga… kalau cari resep saya biasa klik internet. Namanya juga ibu rumah tangga 🙂
    Btw teman-teman, silahkan berkunjung di blog saya. http://afifahafra.net

    • November 28, 2010 pukul 14:06

      hha ternyata juga menggunakan internet, berguna sekali bukan? hhe oh iya trimakasih udah berkunjung ya. Oke segera ke TKP

  31. November 28, 2010 pukul 10:32

    Betul sekali sobat… bagi diri saya pribadi internet sangat penting. Sangat bermanfaat…
    Makasih kunjungannya ya…..

    • November 28, 2010 pukul 13:57

      oke mas sama-sama, trimakasih juga. Di era seperti ini internet emang sangat dibutuhkan dalam kehidupan mas 😛

  32. November 28, 2010 pukul 09:43

    iya mas segala informasi sekarang semakin cepat klo kita gak ngikutin kita bakalan ketingalan 😀

    sukses ya
    http://sibair.blogdetik.com/internet-sehat-bikin-hebat/

    • November 28, 2010 pukul 13:55

      bener ni. Ntar kita malah dibilang gaptek ( padahal aku juga gaptek )hhe, trimakasih kunjungannya. .Oke segera ke TKP

  33. baguštejo
    November 28, 2010 pukul 08:11

    tak jarang internet juga sumber crime di negri ini. sebagai orang bijak dan beradab, tentulah kita mampu memilah mana yang baik dan buruk. semangat…
    lagi coba² bisnis online… 🙂

    • November 28, 2010 pukul 13:52

      iya mas, biasanya orang yang kurang beriman dan kurang berpendidikan mungkin yang suka kayak gitu. .oh iya mas, kalau udah berhasil bisnisnya, mohon ajari aku 😛

  34. November 27, 2010 pukul 23:36

    Selain berdampak positif, tentunya internet ada dampak negatifnya.
    Tapi..itu semua tergantung dari user, bagaimana menggunakan dan memaksimalkan penggunaan internet itu sendiri 🙂

    • November 28, 2010 pukul 13:37

      iya ni mas, tapi kalau kita gunain buat ngeblog, itu kan berdampak positif buat kita dan teman-teman sekitar kita. Teman kita bisa dapet informasi-informasi penting dari ngeblog hehe:P

  35. Cutedungz
    November 27, 2010 pukul 21:46

    Wahh…. setuju bgt sama si Bos, artikelnya keren..

    Good luck ya!!!

  36. November 27, 2010 pukul 21:42

    ini masalah pekerjaan hati: mau diapakan internet? nice article…

  37. November 27, 2010 pukul 21:24

    internet merupakan salah satu jenis teknologi yang semakin hari semakin berkembang pesat.. di satu sisi mempunyai segi positif dan di satu sisi mempunyai sisi negatif pula..tapi positif dan negatifnya y tergantung individunya juga 🙂
    makasih atas penjelasannya ^^

    • November 28, 2010 pukul 13:32

      benar sekali itu mas. Kalau kita gunainnya buat buka porno-porno gitu ya mungkin malah bikin sesat kita ( aku dulu juga gitu soalnya )hhe, .jadi mari kita bersma-sam menggunakan internet untuk perbuatan yg baik-baik aja, ngeblog gitu he

  38. evrha27
    November 27, 2010 pukul 19:22

    setujaaa ., etika berinternet sangat dibutuhkan dalam berinternet sehat 😉

    mkasih atas kunjungannya dan semoga artikelnya berhasil dan sukses yaa .. .

    • November 27, 2010 pukul 21:19

      iya mas, tanpa etika ntar kita juga malah bermasalh sendiri hhe. .ok trimakasih juga mas :), slamat berjuang

  39. November 27, 2010 pukul 11:51

    selain manfaat2 di atas, internet juga bisa memberi dampak buruk terhadap pergaulan manusia dengan berbagai informasi yang tidak baik!
    so, segala sesuatunya ada baik dan buruknya, ada untung dan ruginya, dll 😀

    • November 27, 2010 pukul 16:44

      iya ni mas, banyak anak-anak kecil yang suka liat-liat gambar yang penuh sensor ( aku juga gitu dulunya 🙂 ), kayaknya itu membuat psikologi anak menjadi enggak baik hehehe

  40. November 27, 2010 pukul 10:09

    semua ciptaan itu ada bagus dan tidaknya bergantung kepada niat kita sebagai pengguna. kalo niatnya baik ya jadi baik, kalo emang niatnya jahat, jadinya jahat..
    tapi mas cahya orang baik kok..semestinya bisa guna internet cara yang baik kan mas?

    • November 27, 2010 pukul 16:40

      benar itu mas, aku baik??hha kadang-kadang aja mas, sering enggak baiknya hhe. Kalau negatif ya kayak nyebar virus di internet, waa kacau

  41. November 27, 2010 pukul 09:26

    Siiip……..,bagus banget nih postinagnmu, gak saah deh kalo diikutkan kontes postingan ni, hem….,Gut lak ya Cahya.

    • November 27, 2010 pukul 16:38

      trimasih mas huda. Wah ini juga cuma buat pengalaman aja mas. Soalnya baru kali ini hhe, kok gak ikut mas? pasti menang kalau mas guda

  42. November 27, 2010 pukul 08:54

    wow…..detail neh, kalo berdasarkan artikel di atas slama ini ane
    baru manfaatin 3 hal doank, yg trakhir lom di manfaatin scra efektif
    pengen banget bisa nerapin hal yg ke 4,
    thanks bhro udah share, wawasan ane jadi smakin jelas tentang inet
    smoga menang yah
    salam blogger!

    • November 27, 2010 pukul 16:37

      wah kalau yang ke 4 juga pengen banget mas, tetapi terbatasnya ilmuku jadi kendalanya. Mau coba-coba terjun tetapi masih ragu, nunggu ilmu berkumpul dulu. .
      aminn, semoga menang. Slamat berjuang juga ya mas, 🙂

  43. November 27, 2010 pukul 00:48

    internet sebagai ‘karyawan’ bagi perusahaan online kita,
    dia juga ‘konsultan’ sekaligus ‘patner’ dalam banyak hal
    sukses kompetisinya
    mari saling mendukung sbagai bukti semangat kita berinternet sehat !

    • November 27, 2010 pukul 16:34

      waw setuju, karyawan yang mudah kita perintah mas dan yang pasti sebagai sumber nasihat tadi hehe
      .oke trimakasih, selamat berjuang juga mas. 😛

  44. November 26, 2010 pukul 21:56

    artikel yang bagus dan menarik… sip… ditunggu juga blogwalkingnya

  45. November 26, 2010 pukul 20:35

    bener mas, kalo saya lebih sering menggunakan internet sebagai sarana mencari informasi dan hiburan. ikutan kontes SEO juga ya?

    padmanaba = SMA3 bukan? (kalo ga salah)

    • November 26, 2010 pukul 21:06

      iya ni mas, kebanyakan emang gitu, dominan percari informasi hhe. .Iya mas, semoga bisa berhasil kontesnya 🙂

      Lho kok tau?bener sma 3 jogja

      • November 30, 2010 pukul 19:17

        tau dikit2 :D. kalo ga salah ada fun bike nya kemaren ya? sayang aku ga jadi ikutan

      • Desember 4, 2010 pukul 13:08

        wah bener itu mas, yang menang juga mahasiswa kok. hhe. .Rugi kalau enggak ikut, banyak kesenangan hhe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: