Beranda > Tulisan > Tips Mengurangi Masalah Kehidupan

Tips Mengurangi Masalah Kehidupan

Dalam dunia ini, masalah pasti selalu ada di kehidupan manusia. Bahkan, manusia yang kaya raya pun pasti pernah mengalami masalah, entah di pekerjaannya, pendidikan, rumah tangga. Saya juga sering mendapatkan masalah dalam kehidupan ini, contohnya nilai di sekolah yang pas-pasan bahkan enggak tuntas. Lalu bagaimana cara kita untuk meminimalisir masalah tersebut?

Setelah anda membaca artikel ini, mudah-mudahan dapat membantu anda dalam mengurangi masalah dalam kehidupan anda.

1. Berpikirlah bahwa kita di dunia sudah tidak lama lagi

Nah, kalau kita berpikir bahwa kita sudah tidak lama lagi di dunia ini, dalam artian kita akan meninggal pada waktu yang dekat. Saya yakin kita tidak akan menunda-nunda lagi pekerjaan apa yang harus dilakukan, dalam bayangan kita ini adalah pekerjaan yang kita lakukan untuk terakhir kalinya. Contohnya, jika kita mau beribadah trus kita malah menunda-nunda, kita dapat berpikir seperti itu, niscaya kita akan beribadah setulus hati dan sesegera mungkin.

2. Sayangi apa yang anda perbuat

Apapun yang anda lakukan sebisa mungkin kita menyayanginya. Contohnya saja pekerjaan, jika kita mencintai pekerjaan kita. Melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, pantang menyerah, tak ada kata malas. Kemungkinan besar kebahagiaan akan menyertai kia, dapat dalam bentuk uang maupun segala sesuatu yang mungkin tidak dapat digantikan dengan uang.

3. Selalu berpikir positif

Kalau kita membiasakan berpikir negatif dampaknya akan negatif juga untuk kehidupan kita. Contohnya, dalam menghadapi ujian hidup kita berpikir, ” Wah, kok kayaknya sulit ya masalahnya?”. Nah, kata-kata seperti ini akan menghancurkan kita, dalam pikiran bawah sadar malah termotivasi dengan kegagalan. Alangkah lebih baik bila kita berpikir positif saja. Misalnya dengan berkata, ” Waw, pasti aku bisa memecahkan masalah ini”, kalimat tersebut dapat menjadi motivasi di alam bawah sadar untuk berbuat yang terbaik. Pada akhirnya, kita dapat menyelesaikannya dengan maksimal.

4. Buatlah komitmen untuk diri kita

Buatlah komitmen untuk menuju hidup yang lebih baik. Kemudian katakan komitmen tersebut kepada teman-teman kita. Setelah itu ceritakan perkembangan apa yang telah anda buat kepada teman yang anda beritahu tadi. Bertanggungjawablah kepada komitmen tersebut, jadikan komitmen tadi sebagai penyemangat kita.

Misalnya, kita sulit untuk bersosialisasi dengan teman di sekitar kita. Nah, kita dapat membuat komitmen untuk bisa bersosialisasi dengan baik. Ceritakan komitmen tadi kepada teman dekat, pacar, atau orang tua.

4. Kerjakan apa yang terbaik

Kerjakan komitmen tadi secara maksimal, tanpa ragu dan penuh semangat. Misalnya, kita sudah selesai dengan membuat komitmen untuk bersosialisasi kepada teman sekitar, maka kita harus melakukan hal tersebut sepenuh hati kita. Niscaya kita akan dapat bersosialisasi dengan baik. Amin

Mungkin itu dulu yang dapat dituliskan, mudah-mudahan artikel di atas dapat menginspirasi kita untuk berbuat yang terbaik.OKE ?

Salam ceria Cahya Nugraha, CNN_network

Iklan
Kategori:Tulisan
  1. Desember 13, 2010 pukul 14:01

    Mengurangi masalah kehidupan? Tipsnya sebenarnya gampang, berdoa dan berusaha. Peran agama sangat penting di sini. πŸ˜€

    *oalaaah opo ae to cah, aku ra ngerti kok ngomong*

    • Desember 13, 2010 pukul 19:13

      hha agama memang jadi landasan kita mas. Cara pandangnya juga banyak dipengaruhi oleh agama

  2. fikri8
    Desember 7, 2010 pukul 08:43

    setuju bngt m jlan pmikirnnya.. artikel n komen2nya bs jdi introfeksi dri bg kita..

  3. Desember 5, 2010 pukul 09:33

    keren dik, ternyata memang benar kau bijak πŸ™‚

  4. baguΕ‘tejo
    Desember 4, 2010 pukul 17:10

    link yang salah sudah saya perbaiki. πŸ™‚

  5. Desember 4, 2010 pukul 12:26

    ok banget tipsnya sob…makasih ya.. πŸ™‚

  6. November 29, 2010 pukul 19:08

    sudah beberapa hari tidak silaturahmi.. hehe..

    berpikir positif?
    hmm.. tapi kalau terlalu positif kita nanti jadi kurang antisipatif dong dengan apa yg kita lakukan?

    bagaimana kalau berpikir postifnya diubah jadi bersikap proaktif?

    • November 30, 2010 pukul 10:44

      wah maaf juga mas, aku sekarang lagi banyak tugas sekolah hhe

      Wuih berpikir proaktif juga bisa itu mas, tergantung individunya aja

  7. November 29, 2010 pukul 15:53

    Point pertama itu penting banget. Sebab, kadang ujian hidup benar2 menihilkan kekuatan pikiran positif. Mungkin benar pikiran positif akan mengantar pada hal2 yang positif. Tapi sy mengalami -kadang- melewati kubangan-kubangan perintang juga sebelum mencapai kepositifan tadi. Nah, kalau saja sy lupa point pertama tadi pasti usaha-usaha penyingkatan hidup yang akan sy pilih. Untung sy selalu mengingat-Nya.

    • November 30, 2010 pukul 10:41

      wah pengalamannya bagus itu mas. Bisa juga untuk contoh orang lain hhe, Trimakasih ya udah berkunjung hhe πŸ™‚

  8. Yan'shu
    November 26, 2010 pukul 11:19

    hahaha…
    ternyata pengalaman memang guru yang paling berharga yups..
    klo kaga punya masalah, ga ada tuh tulisan ini.. hihihihi … peace !!!

    • November 26, 2010 pukul 15:14

      iya ni mas, kalau gak ada ini mesti posting yang lain hhe. Ya daripada nganggur blognya, mending di isi hhe

  9. November 26, 2010 pukul 08:22

    selesaikan pekerjaan πŸ™‚

  10. November 26, 2010 pukul 06:56

    “Berpikirlah bahwa kita di dunia sudah tidak lama lagi”
    Tapi terkadang manusia sulit untuk berandai-andai seperti hal diatas, memang lebih baik jika kita bisa mengingat kematian.

    • November 26, 2010 pukul 15:12

      ya mungkin benar mas, tetapi kalau udah dibiasakan mungkin bisa :), .oh iya, berpikirlah kita di dunia untuk selamanya dan kita pasti bisa mencapai cita-cita kita πŸ˜›

  11. November 25, 2010 pukul 16:29

    boleh menambahkan
    ‘tetap semangat gan !’

  12. November 25, 2010 pukul 15:40

    masalah kehidupan itu tidak akan pernah berkurang , melainkan cara berpikir dan bertindak kitalah yang akan mempengaruhi berat/ringannya masalah yg dihadapi. Dan ternyata tips-tips yg anda di atas pun bukanlah mengurangi masalah melainkan memposisikan fikiran kira sebijaksana mungkin.
    ok, nice tips πŸ˜€

    • November 26, 2010 pukul 15:09

      he jadi kurang bener ya mas judulnya, ya itu aku tujukan biar gampang mesin pencarinya nyari informasi ini hhehe. trimakasih kunjungannya mas πŸ™‚

  13. November 25, 2010 pukul 13:49

    Terimakasih tipsnya Sob, semoga berguna bagi kita semua dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini

  14. November 25, 2010 pukul 10:09

    Waduh ketangkap semua kayaknya komen saya???

    • November 25, 2010 pukul 12:46

      benar sekali itu bro. Menghadapi msalah kritikan?:), waw tetapi anda menanggapinya dengan jenius mas, selalu berpikir postif terhadap kritikan yg diberikan teman. Enggak seperti aku dulu. hha sory mas, makasih dah ingetin aku

  15. November 25, 2010 pukul 10:04

    Masalah tak selamanya harus kita hindari. Justru bagi saya ada beberapa masalah yang datang tuk menegur kita ketika kita berbuat salah (ini yang sedang saya rsakan). Yang penting bagaimana kita mengambil hikmah dari setiap masalah yang kita hadapi… Ia ngga bro?

  16. November 25, 2010 pukul 10:03

    Masalah tak selamanya harus kita hindari. Justru bagi saya ada beberapa masalah yang datang tuk menegur kita ketika kita berbuat salah (ini yang sedang saya rsakan). Yang penting bagaimana kita mengambil hikmah dari setiap masalah yang kita hadapi

  17. November 25, 2010 pukul 08:57

    kau masih muda, tapi bijak dik

    Oh ya, silakan tangapi konten (isi tulisan) blog sahaja menurut sobat! Makasih ya πŸ˜€

    • November 25, 2010 pukul 12:43

      yah mas, bijak kalau pas positngnya bijak aja hehehe. Kalau pas posting dg kata-kata biasa ya biasanya dengan kata-kta santailah hhe, oke sudah aku komentari mas

  18. November 25, 2010 pukul 05:41

    Bagus juga tuh tips nya, semoga banyak anak muda kita seperti cahyanugraha dan bisa meramaikan dunia blogosphare Indonesia πŸ˜†
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • November 25, 2010 pukul 12:42

      astaga mas, aku juga cuma seperti anak yang lainnya, tidak lebih. Semua itu pada dasarnya sama hehehe, trimakasih sudah berkunjung., aku mau kunjung-kunjung juga hahaha

  19. November 25, 2010 pukul 01:43

    OK πŸ˜†

    tips nya boleh juga.

  20. November 24, 2010 pukul 18:08

    Aku dapat Pertamaxxxxx Gak ya ????
    dan yang gak kalah pentingnya adalah selalu mensyukuri apa yang kita dapat dan kita rasakan, Semakin besar rasa syukur kita maka akan semakin berkurang pula masalah yang kita rasakan. Thanks telah mengingatkan kita semua ya Cahya, Nice Post here……,

    • November 25, 2010 pukul 12:39

      PERTAMAX tu mas hahaha. .oke, itu juga dapat dimasukkan ke dalam daftar hhe. Oh iya, ini sebenarnya bersumber dari masalah kehidupan saya mas hhe, ya itung-itung memberi masukan untuk prang lain juga he πŸ˜›

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: