Beranda > Teknologi > Membuat Scroll Box Tukar Link

Membuat Scroll Box Tukar Link

Pengalaman menuntun saya untuk membuat artikel ini, dulunya tautan untuk tukar link aku ambil dari fasilitas wordpress yang ada. Tetapi itu terkesan manja dan tidak enak dipandang bila link teman sudah terlalu banyak. Maka dari itu, ubah link teman anda menjadi scroll sob! Selain enak dipandang, widget buatan sendiri ini terkesan lebih rapi ( dapat dilihat di sebelah kiri widget blog ini).

Oke kita ke langsung ke triknya aja : 🙂

  1. Login di wordpress anda dan klik di widget
  2. Tarik teks ke dalam side bar
  3. Tulis judulnya, misalnya “link sahabat” atau apa aja sesuai selera anda
  4. Isi kolom di bawah kolom judul dengan html ini

<div style=”background-color:white;border:2px solid #cdcdcd;overflow:auto;height:150px;width:250px;padding:5px;”>

<a href=”http://cahyanugraha.wordpress.com/”>Cahya Nugraha</a><br />

</div>

Nah keterangan dari kode HTML di atas :

  1. white                                                    : warna background
  2. 150px                                                  : ukuran tinggi Scroll Box
  3. 250px                                                  : ukuran lebar Scroll Box
  4. 5px                                                        : jarak antara tulisan dengan halaman
  5. cahyanugraha.wordpress.com : URL link teman
  6. Cahya Nugraha                                : Nama link teman

Tulisan yang di-bold dapat anda ganti dengan selera anda, misalnya dikecilin atau diubah background colornya. Kalau kita mau menambahkan link teman, kita tinggal copy <a href=”http://cahyanugraha.wordpress.com/”>Cahya Nugraha</a><br /> dan diganti URL dan namanya.

Oh iya, cara ini juga dapat untuk membuat Scroll Box widget, tinggal ganti <a href=”http://cahyanugraha.wordpress.com/”>Cahya Nugraha</a><br /> sesuai HTML yang diinginkan.

Selamat mencoba ya bro !!!

Kategori:Teknologi
  1. Februari 9, 2013 pukul 08:08

    Makasih mas infonya, saya mengundang mas untuk ikutan Pesta Martabak Mini, alamatnya disini: http://marijol-martabakmini.blogspot.com/

    Dateng yah 🙂

  2. Juli 29, 2012 pukul 14:43

    thanz gan buat info’y, harus dicoba ne,

  3. Januari 14, 2012 pukul 23:43

    Mas nya aku coba ya,,, makasih…
    mampir2 ke blog ku ya mas,, 🙂

    • Januari 14, 2012 pukul 23:57

      MAs,, udah aku coba,, blog mu udah nangkring disana,,, tpi kok bentuknya gak mau jadi scroll ya,, masih panjang aja gitu,, gimana donk???

  4. Januari 2, 2012 pukul 08:37

    kaq,,maaf niii,,, kok d tmpaT qhU gaK bsa yaa,,, udah ampe coba berkali”,,huhuuu,,apanya yg salah y,,,

  5. Juli 22, 2011 pukul 22:06

    apakah berlaku untuk blogspot? Thanx…

  6. Juli 22, 2011 pukul 22:04

    apakah berlaku untuk blogspot? Thanx..

  7. Desember 13, 2010 pukul 22:24

    ini kan untuk yg manual mas (dengan Text Widget… utk yg otomatis link teman yg kita masukin di blogroll gmn mas caranya??? mohon bimbingannya 🙂

  8. November 19, 2010 pukul 22:09

    hehe, boleh nyoba ya gan… 😀 sip sip sip..

  9. ipmelawi
    November 19, 2010 pukul 15:49

    kuq punya aq ga bisa ya di buat scroll gitu…
    apa ya masalahnya padahal udah aq copy paste

    • November 19, 2010 pukul 16:05

      oh itu karena ukuran ” height ” terlalu tinggi mas, nanti kalau jumlah link temen tingginya lebih dari ” 150px ” maka akan muncul scroll-nya sendiri kok, mungkin kalau mau diganti “height”-nya biar gak terlalu tinggi juga bisa, diganti ” 50px ” mungkin, atau menurut selera aja

  10. November 13, 2010 pukul 18:33

    mas fikri, wah idenya cerdik bener tu. dibuat ukuran kecil supaya loding cepet. Bro ada usulan buat tambahin apa gitu di side bar ku?lagi kekurangan ide hehehe

    • fikri8
      November 13, 2010 pukul 19:51

      oy statistiknya jngan main edit2 j nrt mlah k kdetek ma monitornya yg pnya tu sistem stats.. kode2 HTML statsnya kita copy dulu ke halaman, seperti pnyaku blog stats trus save setelah tu bru aku aku tambhin kode2 HTMLnya sprti widht n hightnya..

  11. fikri8
    November 12, 2010 pukul 01:06

    dah gan tp tetep aja ga bisa. tidanya scroll box-nya buat gambar2 n statistik biar g kliatn rame. tp skrng udh di gnti theme ane. n blik lg ke theme ane yg dulu kyk pnya agan ni. ane plih theme tu krn pngen gnti headernya ja.

    • November 12, 2010 pukul 15:27

      kok bisa ya?aku kurang tau gan. sory. tapi kalau pake theme yang sama gini bisa g bro?

      • fikri8
        November 13, 2010 pukul 12:45

        bisa tp ga ane coba coz buat statistik udh ane pindah dihlaman, di sidebar sbnarnya da statistik blog ane tp ane buat widhtnya 1 n hightnya 1 jd g tmpak (spya loding blognya g lma..

  12. November 11, 2010 pukul 22:46

    salam kenal, nice info, kunjungan balik diTunggu di sini http://ramlannarie.blogspot.com/ dan http://ramlannarie.wordpress.com/

  13. ipmelawi
    November 11, 2010 pukul 18:31

    heheheh…mohon maaf ya, link qm blum aq tampilkan, beneran aq ga bisa bisa…
    mohon maaf banget..

  14. Sya
    November 10, 2010 pukul 14:47

    cahya hebat, baru beberapa hari bikin blog udah bisa beginian. saya belum bisa ngapa-ngapain nih 😦

    • November 10, 2010 pukul 14:56

      alhamdulillah he, cuma dikit-dikit taunya, sebagian masih dibantu teman. Maksih udah berkunjung he, tetep berkreasi ya!! 🙂

  15. Ensofas
    November 9, 2010 pukul 16:49

    iya setuju, aku juga buat begitu.
    http://ensofas.wordpress.com

  16. fikri8
    November 9, 2010 pukul 16:03

    wah ini yg saya cari.. saya kira scroll box bawaan theme. smg supportlah dgn theme yg saya gnakan.. dcoba ah.. salam knal ya gan.

    • November 9, 2010 pukul 18:34

      amin gan. Boleh dicoba, theme agan kayak blogku yang dulu tu hehe

      • fikri8
        November 9, 2010 pukul 20:41

        da kode lain g gan? g support ma blog ane. kode yg di ats kl di psang d thema yg ane gnakan jdinya jdnya g bs scroll box. kl ada kode yg lain yg bs suport sma theme ane share y gan.. coz ane demen ma theme ane krn simple ja..

      • November 10, 2010 pukul 11:06

        oh gini gan, syarat munculnya roll jika link-link teman sudah melebihi height nya, disutu dituliskan “height:150px”, nah itu penyebab tidak adanya roll gan, kalau diganti jadi 50px atau 75px mungkin bisa, tergantung selera aja

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

