Beranda > Tulisan > Keindahan Arti Teratai

Keindahan Arti Teratai

Pagi tadi aku dan temen-temenku pada liat mekarnya bunga teratai di kolam teratai sekolahku. Waw warnanya sungguh menariklah, apalagi berada pada kolam teratai yang banyak kecebongnya :P. Akan tetapi apa ya arti teratai buat SMA 3 Jogjakarta Padmanaba?

Nama ini mulai ada sejak sekitar tahun 1942 dan diciptakan oleh Bp. RJ Katamsi selaku Kepsek sekaligus guru gambar SMA 3. Nama itu bermula ketika beliau menjelaskan tentang sifat-sifat dasar teratai kepada murid-muridnya. Beliau mengatakan bahwa bunga teratai merah atau lotus yang dikenal dengan nama latin Nelembium speciosum dan dalam Bahasa Sansekerta disebut PADMA, bagi bangsa timur melambangkan sebuah kesakralan dalam berbagai masalah kehidupan. Kuncupnya mengandung arti yaitu kekuatan yang membumbung tinggi ke atas. Bila air pasang,maka teratai ikut naik, bila air surut, maka akan ikut turun. Teratai tumbuh di lingkungan air yang berlumpur, kotor, dengan akar serabut yang saling mengait, namun tetap indah, bersih, dan tidak tercemar sama sekali. Daun pohon teratai pun tumbuh ke arah atas hingga mengambang di atas air dan tidak basah oleh air kotor. Susunan dan kombinasi antara daun dan bunganya pun sangat serasi dengan lingkungan dimana teratai tersebut hidup. Semua itu melambangkan ketidakterikatan kehidupan terhadap keadaan lahiriah atau fisik sekitarnya, dan tersusun atas suatu harmoni kehidupan tanpa tercemar atau terpengaruh oleh alam lingkungannya.

Bunga teratai warna merah melambangkan kesucian yang keindahannya terjangkau oleh siapapun juga mulai dari yang paling rendah atau hina sekalipun, dan sebagai perlambang atas pencapaian tingkat kesadaran tertinggi dalam kehidupan macam apapun.

Dalam agama Budha dilambangkan bahwa sikap duduk Sang Budha Gautama waktu bersemedi seperti posisi bunga teratai sehingga disebut bahwa Sang Budha sedang duduk di atas singgasana PADMASANA (tempat tumbuhnya bunga teratai).

Dalam agama Hindu, teratai tumbuh dari pusar Dewa Wisnu ketika terbangun dari semedinya. Dan dari padma yang melambangkan keberanian, kesucian, dan kemajuan tersebut lahirlah Dewa Brahma. Kuncup Padmanaba melambangkan cita-cita, pertumbuhan manusia yang sudi, beriman, dan bertaqwa.

Lalu, dari tugas menggambar tersebut, salah satu murid Bp. RJ Katamsi yang bernama Suhud ( pengibar bendera merah putih  tanggal 17  Agustus 1945 ) memiliki kreativitas terbaik daripada lainnya, sehingga jadilah gambar teratai Suhud dijadikan lambang untuk sekolah. Dengan dibantu oleh temannya yang bernama Soelaiman, Suhud menyempurnakan logo teratai merah itu dengan 2 kelopak bunga dan 8 daun yang tersusun menjadi lapis yang arahnya berlawanan.

Nah sangatlah berati kan bunga teratai bagi warga Padmanaba? Jelas dong :P

Dari posting kali ini kita berharap semoga sifat-sifat kita seperti bunga teratai yaa :p hhe

ini dia ada gambar lambang sekolahku padmanaba

ini gambar bunga teratai

Salam manis Cahya Nugraha

  1. tan nini
    Februari 24, 2013 pukul 13:52

    wah…. sangat bermaanfaat terima kasih ya kakak…

  2. Goes Win
    September 5, 2012 pukul 01:16

    indah banget bunganya n mengandung arti yg filosifi yg berguna wat kehiduan manusia

  3. c endutz
    Maret 23, 2012 pukul 14:21

    ka… bsa ksih tau gk knpa bentuk bunga teratai sperti itu? adaptasi ny sperti ap gtuh …
    thx be4 ^^

  4. November 13, 2011 pukul 12:17

    KESUCIAN DIATAS SEGALA NODA

  5. Oktober 16, 2011 pukul 10:24

    saya juga suka bunga teratai, ad mkna yg begitu dalam d stiap filosofi nha,,,

  6. Februari 17, 2011 pukul 08:52

    Jika bunga teratai waktu malam harumnya menyengat sekali lhoohh….
    Maka teratai itu memang bagus dan indah sekali jika dirawat ataupun dipelihara dikolam bersama ikan kecil-kecil yang lucu berwarna merah atau ikan hias :)

  7. Januari 26, 2011 pukul 05:23

    Oh, anak SMA 3 toh.. sama kaya mas Dhani. :oops:
    saya dulu sekolah di SMP deket situ.. tapi SMAnya ga mau di sekitar situ lagi :mrgreen:

  8. Januari 23, 2011 pukul 21:55

    fantastik, One of my Fav flowers.. mantaps… siipp.

    Chalief

  9. Januari 23, 2011 pukul 20:38

    bunga teratai kalo banyk bagus bgt tuh…

    • mumuh
      Juli 23, 2012 pukul 16:09

      bisa ga di kirim bunga ya ke jambi

  10. Januari 23, 2011 pukul 19:28

    teratai bunga indah nan mempesona…

  11. Januari 22, 2011 pukul 23:17

    bunga teratai memang memiliki keunikan tersendiri hingga orang banyak mengartikan hal-hal yang menarik dari bunga tersebut :D

  12. nitnot96
    Januari 22, 2011 pukul 20:50

    ada beberapa lambang lembaga2 resmi yang menggunakan teratai sebagai ikonnya…arti teratai gw dapat dari artikel ini… sip2…

  13. iam
    Januari 22, 2011 pukul 13:48

    Teratai itu keren dan indah :D

  14. aldy~pf
    Januari 22, 2011 pukul 05:15

    Teratai memang indah, mungkin itulah salah alasan kenapa sang budha bisa duduk diatas teratai. :D

  15. Januari 21, 2011 pukul 19:25

    tidak hanya indah bunganya tetapi indah pula filosofinya

  16. Januari 21, 2011 pukul 19:23

    semoga sekolahnya ttp bersih suci iia kang :)

  17. Januari 21, 2011 pukul 14:50

    Emm… kebetulan mampir,,, kebetulan juga temaX teratai?? Aku mau nanya apa tumbuhan TERATAI dapat dijadiin Obat! trus obat apa sich!! TQ

  18. Januari 21, 2011 pukul 11:29

    Keren juga filosofi bunga teratai ini, saying sekarang sudah jarang lihat teratai, waktu masih di Padang di kolam-kolam ikan masih ada teratai sekarang sudh jarang..

  19. Januari 21, 2011 pukul 10:13

    Bunga teratai emang tumbuhan yang kaya makna dan pesona ya, :)
    Thanks tuk ulasannya cahya, :)

  20. Januari 21, 2011 pukul 09:30

    nice pict, saya malah baru tau filosofinya,hihihi
    keep blogger yahh..

  21. Januari 20, 2011 pukul 19:48

    Bila air pasang,maka teratai ikut naik, bila air surut, maka akan ikut turun.

    hem sebuah makna jika dalam segala kondisi apapun kita harus senantiasa bersama

    • Januari 21, 2011 pukul 07:21

      hhe mas essip bisa aja menerjemahkannya hahaha bagus-bagus mas. makasih yaa

  22. Januari 20, 2011 pukul 18:12

    lambang teratai sekolah kita tu masih nguncup ya..
    kapan mekarnya? LOL :mrgreen:

  23. Januari 20, 2011 pukul 16:35

    bunga teratai penuh makna,,,sesuai dengan keindahannya

  24. Januari 20, 2011 pukul 12:47

    wah keren banget. ternyata maknanya kompleks banget

  25. joe
    Januari 20, 2011 pukul 11:44

    bagus sekali filosofi bunga teratai…

  26. Sya
    Januari 20, 2011 pukul 11:19

    Saya baru tahu lho, ternyata padma itu artinya teratai ya? Hehe.Saya jadi membayangkan kolam kecil dengan ikan koi dan bunga teratai di atasnya :D

    • Januari 21, 2011 pukul 07:18

      hhe ada temen yang namanya padma? :p dibayangi terus aja mbak :)

      • Sya
        Januari 21, 2011 pukul 13:21

        Ga ada. Tapi buat nama anak lucu juga ya :)

  27. Januari 20, 2011 pukul 11:03

    wahh..aku suka deh ama bunga teratai..

  28. Januari 20, 2011 pukul 10:30

    Makanya banyak yang menjadikan teratai sebagai bagian dari logo
    Dik, maaf lama gak ke sini :)

    • Januari 21, 2011 pukul 07:16

      bnar sekali mas. biar sma 3 ku semakin dikenal di dunia luar he

  29. Januari 20, 2011 pukul 09:31

    nulis tentang lambang sekolahnya ya…:)

    Bunganya indah dan saya suka sifat alaminya yang tidak ikut tercemar meski air tercemar

    • Januari 21, 2011 pukul 07:15

      hhe iya ni, biar padmanaba lebih terkenal di dunia luar hahaha

  30. Januari 20, 2011 pukul 00:15

    indah banget y bunga teratai..sayang kolam ikanku kecil :D

    • Januari 21, 2011 pukul 07:14

      hhi pasti kang. :p ditambahin aja kolamnya, di bak mandi juga bisa hahaha damai

  31. Januari 19, 2011 pukul 22:19

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Saya juga selalu terpesona dengan keindahan bunga teratai. Termasuk berbagai makna filosofi yang dikandungnya.
    Saya pernah menulis tentang bunga teratai di http://alamendah.wordpress.com/2010/08/30/teratai-tanaman-air-dengan-bunga-mempesona/

    • Januari 21, 2011 pukul 07:13

      silahkan mas alam. Selalu pertamax aja ni hahaha . oh ternyata udah pernah posting hhe, aku kok belum liat ya dulu

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: